8 Fakta tentang Teknologi Pengenalan Wajah yang Sering Memicu Kontroversi

8 Fakta tentang Teknologi Pengenalan Wajah yang Sering Memicu Kontroversi
8 Fakta tentang Teknologi Pengenalan Wajah yang Sering Memicu Kontroversi

Teknologi pengenalan wajah adalah salah satu temuan yang sering menimbulkan kontroversi. Banyak yang menentangnya karena teknologi ini akan mengganggu privasi setiap manusia. Ini karena wajah kita akan masuk ke database nanti. Potensi penyalahgunaan akan semakin besar.

Namun tidak sedikit juga yang mendukungnya karena banyak kemudahan akan didapat. Banyak ahli mengatakan bahwa teknologi ini dapat membantu kinerja berbagai profesi di masa depan.

8 Fakta tentang Teknologi Pengenalan Wajah yang Sering Memicu Kontroversi
8 Fakta tentang Teknologi Pengenalan Wajah yang Sering Memicu Kontroversi

Sebenarnya, sejauh mana teknologi ini dikembangkan? Apa dampak potensial yang akan ditimbulkannya? Lihatlah penjelasan berikut!

1. Biasanya digunakan sebagai kata sandi dan sistem kehadiran karyawan perusahaan

Pengenalan wajah adalah teknologi yang dapat mengidentifikasi dan memverifikasi identitas seseorang menggunakan wajahnya. Secara umum, teknologi ini digunakan sebagai kata sandi untuk komputer atau ponsel dan sistem kehadiran di beberapa perusahaan. Tetapi teknologi yang lebih maju membuat penggunaannya lebih beragam.

2. Pengenalan wajah didasarkan pada kecerdasan buatan biometrik

Kecerdasan buatan biometrik adalah teknologi yang dirancang untuk mengukur, menganalisis, dan merekam karakteristik fisik manusia. Dia memiliki keterampilan identifikasi yang kuat. Ini adalah kecerdasan buatan yang juga digunakan dalam pengenalan sidik jari.

Dalam teknologi pengenalan wajah, identifikasi dilakukan dengan menganalisis pola tekstur dan bentuk wajah orang yang bersangkutan. Semua fitur wajah akan direkam, termasuk tahi lalat, bekas luka, dll.

3. Wajah Anda akan memasuki database

Sistem pengenalan wajah dapat mengidentifikasi seseorang hanya dari gambar digital atau bahkan rekaman video. Ini karena ketika kita terdaftar di mesin, detail wajah kita akan masuk ke database.

Mesin akan membandingkan fitur wajah kami dengan semua data yang mereka miliki. Basis data juga mencakup informasi pribadi kami.

4. Sudah banyak perusahaan mengembangkan teknologi ini

Google, Apple, Facebook, Amazon, dan Microsoft adalah perusahaan paling maju dalam mengembangkan pengenalan wajah. Semua raksasa web berlomba untuk menciptakan sistem yang lebih canggih.

Dilansir dari Gemalto, Facebook memiliki DeepFace dengan akurasi 97,35 persen. Anda bisa membuktikannya melalui tag foto di Facebook. Dia bisa tahu siapa yang ada di foto yang Anda unggah. Google tidak mau kalah dengan mengembangkan FaceNet yang diklaim 100 persen akurat dalam mendeteksi wajah.

5. Dapat mendeteksi kesehatan manusia

Para peneliti dari Macquarie University Australia menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk mendeteksi kesehatan. Mereka mengklaim bahwa wajah dapat menunjukkan berbagai kondisi kesehatan fisiologis.

Misalnya, untuk mendeteksi tanda-tanda vital seperti tekanan darah, menganalisis apakah ada penyakit genetik yang diderita, dan melacak penggunaan narkoba dengan lebih akurat. Di masa depan, teknologi ini akan semakin canggih.

6. Pengenalan wajah dapat digunakan untuk membantu polisi menangkap penjahat

Salah satu manfaat terpenting dari teknologi pengenalan wajah adalah membantu pekerjaan polisi. Sekarang mereka dapat menangkap penjahat dengan lebih mudah menggunakan MORIS (Mobile Offender Recognition and Identification System).

Ini adalah alat deteksi wajah yang diinstal pada iPhone dan dilengkapi dengan basis data semua penjahat. Polisi hanya mengambil foto orang yang mencurigakan. Sistem kemudian akan membandingkannya dengan database.

7. Teknologi ini akan menguntungkan untuk pemasaran produk

Perusahaan besar akan menggunakan pengenalan wajah untuk memahami perilaku konsumen mereka. Bagaimana bisa?

Mereka memasang kamera di toko, menangkap wajah pelanggan mereka, lalu mencari informasi pribadi di media sosial. Berbekal informasi ini, staf penjualan akan meningkatkan produk mereka agar sesuai dengan preferensi konsumen.

8. Di sisi lain teknologi ini akan merugikan banyak orang

Apakah Anda punya ide tentang bagaimana teknologi pengenalan wajah bekerja? Bayangkan jika semua kamera pengintai di tempat umum dilengkapi dengan fitur-fitur ini. Batas antara informasi pribadi dan publik akan semakin kabur.

Ini akan mengancam privasi semua orang. Belum lagi jika teknologi ini disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kehadiran pengenalan wajah akan memudahkan mereka untuk mengikuti target.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, harus ada peraturan yang mengatur penggunaan teknologi pengenalan wajah. Batas yang jelas harus diterapkan. Tidak hanya itu, orang yang menyalahgunakannya juga harus diberi sanksi.

Be the first to comment

Leave a Reply