9 Fakta Unik Tentang Robot Cerdas, Menuju Dunia Yang Lebih Modern

Semakin banyak hari kita memasuki dunia futuristik. Kita tidak bisa lagi menolak untuk tidak hidup dengan kecerdasan buatan dan bergantung padanya. Bahkan sedikit demi sedikit, kita mulai hidup dengan robot. Jika Anda membaca novel terbaru Dan Brown, Origin, salah satu diskusi adalah tentang kehidupan manusia dengan robot.

Meskipun kami sendiri yang membuatnya, kami sendiri tidak tahu banyak tentang robot. Banyak fakta unik yang bisa dipelajari dari mesin. Berikut ini beberapa fakta robot unik yang diketahui.

9 Fakta Unik Tentang Robot Cerdas, Menuju Dunia Yang Lebih Modern
9 Fakta Unik Tentang Robot Cerdas, Menuju Dunia Yang Lebih Modern

1. Kata robot tidak berasal dari Amerika

Kata robot aslinya berasal dari bahasa Ceko, yaitu robota yang artinya pekerjaan yang membosankan. Kata ini pertama kali muncul pada tahun 1921 melalui pertunjukan drama yang disebut Rossum’s Universal Robots. Drama ini dikatakan berakhir secara tragis dengan mesin yang membunuh penciptanya sendiri.

2. Salah satu robot rumah tangga pertama berasal dari mainan anak-anak

Pada 1980-an salah satu mainan paling keren yang bisa diberikan anak-anak adalah robot yang diprogram. Beberapa mainan telah dipasang dan yang lain harus dirakit terlebih dahulu. Itu memulai pengembangan teknologi robot.

3. Konsep robot sudah ada sejak abad ke-15

Percaya tidak percaya, konsep robot ini telah dipikirkan sejak enam abad yang lalu. Salah satu ide Leonardo da Vinci adalah membuat mesin humanoid.

4. Robot vacuum cleaner membuat robot domestik menjadi arus utama

Robot populer pertama bukanlah dalam bentuk manusia atau hewan, tetapi berbentuk seperti piring yang tugasnya menyedot debu. Robot ini dikembangkan sejak awal tahun 2000. Menggunakan sensor gerak, robot mendeteksi debu di dalam ruangan sambil menghindari penghalang.

5. Robot yang menunggu kebanyakan wanita

Robot umumnya tidak memiliki jenis kelamin, tetapi suara yang diberikan kepada mereka sebagian besar berasal dari suara wanita. Beberapa ahli mengkritik ini sebagai stereotip wanita yang selalu diidentifikasi sebagai pelayan.

6. Orang lebih suka robot yang memiliki karakter

Robot yang memiliki kemampuan untuk membangun hubungan lebih disukai orang. Hasil penelitian pada tahun 2016 menunjukkan peserta lebih mudah memaafkan robot yang bisa meminta maaf, meskipun mereka tidak memiliki perasaan.

7. Orang tidak suka robot yang mirip dengan mereka

Di satu sisi, orang tidak merasa nyaman dengan robot yang humanoid dan terlihat seperti manusia nyata. Ketidaknyamanan datang dari perasaan terancam oleh masalah identitas yang semakin kabur antara robot dan manusia.

8. Tidak hanya memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas

Robot saat ini telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga mereka tidak hanya melakukan tugas, tetapi juga dapat mengekspresikan diri. Beberapa contohnya adalah keberadaan anjing robot untuk kucing. Tidak seperti mainan lain, tujuan robot ini adalah sebagai hewan peliharaan terapi yang digunakan untuk menangani mereka yang memiliki penyakit parah.

9. Robot sudah mulai belajar

Perkembangan kecerdasan buatan sangat canggih. Berkat itu, robot juga dapat belajar dan terus menjadi lebih pintar.

Buktinya, anak-anak mengajarkan cara bermain Angry Birds dengan menyeret jari mereka di layar tablet yang telah terhubung ke robot. Robot meniru gerakan anak-anak dan memainkan permainan.

Hmmm, yang menarik adalah perkembangan robot ini. Apakah Anda ingin tahu fakta yang lebih buruk? Menurut pakar robot Henrik Christensen, dalam beberapa tahun mendatang manusia diprediksi melakukan hubungan intim dengan robot.