9 Jenis Makanan yang Baik untuk Otak

9 Jenis Makanan yang Baik untuk Otak

Sebagai salah satu organ penting dalam tubuh manusia, menjaga kesehatan otak adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang.
Berfungsi sebagai pusat pengontrol saraf dan organ vital, tidak memperhatikan kesehatan otak dapat berdampak fatal pada kondisi tubuh, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tapi tidak perlu khawatir. Sebab, mengonsumsi beberapa makanan yang dapat mencegah efek buruk tersebut. Lihatlah ulasannya:

9 Jenis Makanan yang Baik untuk Otak
9 Jenis Makanan yang Baik untuk Otak

1. Bayam

Sering dikonsumsi setiap hari, ternyata bayam sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Sayuran hijau ini mengandung banyak antioksidan, vitamin K, asam folat dan lutein, yang berguna untuk membantu melindungi otak dari paparan radikal bebas lingkungan.

2. Minyak kelapa

Memasukkan sedikit minyak kelapa pada menu harian terbukti dapat meningkatkan kemampuan neuron otak, sehingga dapat mengurangi penyerapan kuman dan virus akibat radikal bebas. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga mengandung lemak sehat yang berguna untuk menjaga membran sel otak.

3. Alpukat

Dikenal sebagai salah satu jenis makanan super, alpukat mengandung banyak vitamin K dan asam folat. Kedua zat ini sangat efektif untuk membantu mencegah pembekuan darah di otak dan melindungi tubuh dari risiko stroke. Selain itu, alpukat juga berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif otak.

4. Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang telah dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan. Mengandung DHA dan omega 3 yang berlimpah, makan salmon secara teratur dapat membantu menjaga sel-sel di otak dan juga meningkatkan ketajaman otak.

5. Blueberry

Makanan baik berikutnya untuk otak adalah blueberry. Diperkaya dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi, blueberry efektif dalam melindungi otak dari risiko peradangan dan gangguan degeneratif otak.

6. Kunyit

Tidak hanya menyediakan aneka hidangan, ternyata kunyit juga bermanfaat untuk mengobati peradangan di otak. Zat antiinflamasi yang memiliki satu rempah juga diklaim berkhasiat untuk merawat kesehatan otak dan menjaganya agar tetap sehat.

7. Telur

Telur kaya akan kolin yang sangat penting untuk neurotransmitter, senyawa organik endogen yang bertanggung jawab untuk membawa sinyal dalam neuron otak. Telur juga mengandung kolesterol, yang merupakan komponen penting untuk menjaga membran sel otak yang sehat.

8. Asparagus

Asparagus mengandung serat prebiotik yang cukup tinggi. Serat ini efektif untuk menjaga kesehatan otak. Asparagus juga memiliki sifat antiinflamasi dan kaya akan asam folat, sehingga baik untuk menjaga kesehatan otak.

9. Brokoli

Tak pelak, brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Brokoli kaya akan sulfurophane, yang merupakan bahan kimia alami yang dapat membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh.
Selain itu, mengonsumsi brokoli secara teratur juga berguna untuk mengurangi peradangan, meningkatkan daya otak, dan juga mengobati kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Leave a Reply