Asupan Makanan Yang Dapat Mengatasi Batuk Dahak

Asupan Makanan Yang Dapat Mengatasi Batuk Dahak

Nama batuk, baik batuk berdahak maupun batuk kering, bersama-sama bisa membuat penderitanya merasa kewalahan untuk menjalani hari-hari. Apalagi jika batuk berdahak diderita.

Batuk jenis ini akan mengeluarkan dahak, membuat tenggorokan terasa gatal. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda mengatasi batuk berdahak dengan cara alami?

Asupan Makanan Yang Dapat Mengatasi Batuk Dahak
Asupan Makanan Yang Dapat Mengatasi Batuk Dahak

1. Kapur dengan Soy Sauce atau Honey

Campuran jeruk nipis dan kecap manis telah dikenal sebagai obat alami yang bisa meredakan batuk berdahak. Kandungan minyak atsiri dalam jeruk nipis dapat mengendurkan otot-otot di saluran pernapasan dan berkhasiat mengatasi suara serak akibat batuk. Penggunaan kecap juga bisa diganti dengan madu untuk memberi rasa manis pada jus jeruk nipis yang sangat asam.

Sedangkan madu, memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi batuk berdahak dan mengobati masuk angin. Tidak hanya manfaatnya, madu juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah infeksi bakteri yang menyebabkan batuk.

2. Daun Sirih dan Jahe

Cara mengatasi batuk berdahak juga bisa melalui dua bahan ini. Daun dikenal sebagai obat alami untuk masalah kewanitaan, ternyata juga berkhasiat meredakan batuk. Caranya adalah merebus beberapa helai daun jahe yang sudah dipotong-potong, lalu minum air rebusan setidaknya sekali sehari untuk menghangatkan tenggorokan. Sementara jahe adalah obat batuk berdahak yang mengandung zat antibakteri, sehingga efektif untuk mengurangi gejala batuk berdahak.

3. Berkumur dengan air garam

Jika batuk disebabkan oleh gatal di tenggorokan, tidak ada salahnya untuk mencoba membilasnya dengan air garam. Caranya mudah, campur ¼ hingga ½ sendok teh garam ke dalam 240 mililiter air hangat. Lalu, bilas dengan air. Air garam ini dianggap bisa meredakan rasa gatal di batuk berdahak.

Meskipun air garam dapat mengatasi batuk berdahak, metode ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah enam tahun. Alasannya sederhana, karena mereka tidak bisa berkumur dengan baik.

4. Bawang putih

Bahan ini tidak hanya terkenal sebagai bumbu dan penyebab makan. Bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Bawang putih mengandung allicin, yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab dahak. Menariknya, sifat anti-inflamasi dan antimikroba dari bawang putih dianggap efektif melawan infeksi di tenggorokan.

5. Nanas

Kita juga bisa memilih nanas untuk mengatasi batuk berdahak. Buah ini mengandung bromelain yang diduga bisa meredakan batuk dan lendir tipis di tenggorokan. Agar efektif, konsumsilah sepotong nanas atau 100 mililiter jus nanas segar tiga kali sehari.

Nah, meskipun metode alami di atas dapat meredakan batuk berdahak, tetapi cobalah bertanya kepada dokter Anda sebelum mencobanya. Sebab, cara meredakan batuk di atas mungkin berdampak pada orang dengan kondisi tertentu. Misalnya, nanas tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau penderita diabetes.

Pertimbangkan obat-obatan

Selain ramuan alami di atas, tidak ada salahnya mempertimbangkan obat untuk mengatasi batuk berdahak. Kita bisa memilih obat khusus yang dijual bebas untuk menghilangkan batuk berdahak. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebagai contoh:

Untuk menghilangkan dahak, kita bisa memilih obat batuk yang memiliki kandungan ekspektoran. Obat ekspektoran bekerja dengan mengurangi ketebalan dahak, sehingga dahak lebih mudah dihilangkan.

Untuk wanita hamil yang mengalami batuk berdahak, cari obat batuk dengan bahan utama guaiphenesin atau bromhexine yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Agar lebih aman, Anda juga bisa berdiskusi dengan dokter sebelum minum obat batuk.

Sementara obat batuk yang mengandung ibuprofen atau parasetamol dapat meredakan gejala demam yang menyertai batuk, dan menghilangkan rasa sakit di tenggorokan.

Leave a Reply