6 Jenis Makanan untuk Bayi dari Usia 6 Bulan Agar Mata Bayi tetap Sehat

Ketika bayi memasuki usia enam bulan, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi Oleh karena itu, di usia ini bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping (padatan). Pastikan bahwa ibu memberikan makanan padat mengandung beragam nutrisi yang dapat mendukung kesehatan bayi, termasuk kesehatan matanya. Berikut di bawah ini adalah jenis makanan:

1. Wortel membantu mata beradaptasi dengan cahaya

Sayuran yang satu ini mengandung banyak karotenoid (beta-karoten). Zat-zat ini kemudian dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Jumlah vitamin A yang diproduksi sesuai dengan kebutuhan tubuh sendiri. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, termasuk membantu mata beradaptasi dengan terang dan gelap.

6 Jenis Makanan untuk Bayi dari Usia 6 Bulan Agar Mata Bayi tetap Sehat
6 Jenis Makanan untuk Bayi dari Usia 6 Bulan Agar Mata Bayi tetap Sehat

Wortel asupan yang cukup akan membantu memperbaiki penglihatan bayi di malam hari. Untuk membuat bayi bisa makan wortel, ibu dapat mencakup campuran wortel yang telah dihaluskan menjadi bubur. Ibu juga dapat diperkenalkan sebagai makanan jari saat bayi berusia 8-9 bulan.

2. Mangga mengurangi masalah mata bayi

Sama seperti wortel, mangga juga mengandung beta-karoten. Memberikan mangga secara teratur untuk mencegah bayi dapat mengalami masalah mata. Misalnya, mata kering, gatal, dan kebutaan malam bahkan. Ibu memilih mangga yang tepat, yang sudah matang dan manis.

Bersantai, memperkenalkan mangga untuk bayi bukan hal yang sulit. Hal ini karena tampaknya mudah seperti bayi. Ibu bisa membuat mangga haluskan atau menjadikannya sebagai makanan jari.

3. Bayam

Umumnya, banyak sayuran hijau mengandung lutein. Misalnya, bayam, kangkung, atau brokoli. Lutein senyawa yang ditemukan dalam bayam adalah baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena dapat mengurangi risiko penurunan daya penglihatan. Selain itu, akan mendapatkan cukup asupan sayuran hijau juga dapat mengurangi risiko katarak.

Oleh karena itu, bayam dan lain sayuran hijau baik diberikan pada bayi sedini mungkin. Ibu bisa masuk bayam dan sayuran hijau lainnya secara bergantian di menu padatan bayi sehingga bayi tidak bosan.

Selain mengandung lutein, bayam juga kaya akan zat besi. Bahkan, bayi perlu mendapatkan zat besi dalam menu makanan padat untuk memfasilitasi pertumbuhan tubuh. Berikut beberapa materi padat yang kaya akan zat besi. SEBUAH

4. Ikan salmon

Salmon kaya di retinoid, Anda tahu. Retinoid adalah bentuk lain dari vitamin A ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan. Bahkan, mencegah terjadinya gangguan mata, seperti rabun jauh atau iritasi mata. Untuk itu, baik dimakan anak salmon.

Tapi waspada, kelebihan retinoid tidak baik untuk kesehatan bayi. Selain mengandung vitamin A, ikan juga mengandung omega-3 yang baik untuk penglihatan yang sehat. Berikan bubur salmon sebagai salah satu menu padatan yang lebih kecil.

5. Telur meningkatkan penglihatan pada malam hari bayi

Ibu perlu tahu bahwa telur kaya akan seng. Senyawa ini dapat membantu tubuh bayi untuk menyerap vitamin A. Selain itu, seng juga dapat membantu mencegah munculnya bintik-bintik di mata dan kebutaan malam. Sebaiknha, ibu memberi telur sebagai salah satu padatan menu yang dikonsumsi orang kecil. Namun, pastikan jumlahnya tidak berlebihan dan anak tidak alergi terhadap telur.

6. Jeruk mencegah katarak bayi

Selain vitamin A, vitamin C juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin C dapat mengurangi risiko degenerasi makula (munculnya bintik pada mata) dan katarak. Buah jeruk merupakan salah satu buah yang bisa dipilih karena kaya akan vitamin C. Ketika ibu bayi belum bisa makan jeruk ibunya sendiri bisa memberinya beberapa jus jeruk dari jus jeruk murni.