5 Manfaat Ikan Tuna Baik untuk Kesehatan

Tuna banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, banyak orang tidak tahu manfaat makan tuna. Berikut beberapa manfaat saat mengonsumsi tuna, berikut ulasannya:

1. Kesehatan jantung

Ikan tuna dengan omega-3 tinggi sangat berguna untuk menjaga fungsi jantung. Omega-3 meningkatkan rasio konsentrasi HDL atau kolesterol baik dalam tubuh, menekan terjadinya pembekuan darah di pembuluh darah, dan mempertahankan
irama detak jantung.

5 Manfaat Ikan Tuna Baik untuk Kesehatan
5 Manfaat Ikan Tuna Baik untuk Kesehatan

2. Mencegah kanker

Ikan tuna juga dapat berperan dalam mencegah kanker, termasuk kanker ovarium, kanker pankreas, dan jenis kanker lainnya yang menyerang saluran pencernaan (kanker mulut, faring, kerongkongan, lambung, dan usus). Kandungan omega-3 yang berlimpah dalam tuna juga berguna untuk mencegah kanker payudara dan mengurangi risiko leukemia.

3. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Omega-3 yang ditemukan dalam tuna dapat membantu meningkatkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak, sehingga dapat menghindari degenerasi fungsi otak seperti Alzheimer karena membantu memperlancar suplai darah dari tubuh ke otak. Omega-3 juga mengurangi risiko peradangan, memediasi sinyal yang dapat diterima otak, pada orang yang menderita Alzheimer akan mengalami gangguan dalam hal pengiriman sinyal atau impuls ke otak.

4. Tingkatkan respons insulin

Tuna juga direkomendasikan untuk penderita diabetes tipe 2 karena kandungan lemak omega-3 yang melimpah. Omega-3 dalam tuna dapat mencegah obesitas dan meningkatkan respons hormon insulin dalam tubuh. Asam lemak omega-3
dikenal dengan nama EPA yang membantu mengatur berat badan dan metabolisme dengan mengeluarkan hormon leptin.

5. Membantu proses detoksifikasi

Detofikasi adalah upaya tubuh untuk mengurangi kadar racun dalam tubuh, melalui penyerapan, penyebaran, dan pengeluaran dari tubuh. Porselen bersama dengan omega-3 yang terkandung dalam tuna, merupakan bahan bakar penting untuk produksi antioksidan jenis gluthathione peroxidase. Antioksidan inilah yang berfungsi penting bagi kesehatan hati yang berperan dalam detoksifikasi. Selenium juga berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.