7 Manfaat Rajin Mengonsumsi Asam Folat untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Anda harus berusaha untuk makan makanan sehat yang membantu pertumbuhan janin sehingga maksimal. Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan janin yang sehat adalah asam folat (bentuk sintetis dari vitamin B9) atau folat (bahan makanan alami). Berikut di bawah ini adalah ulasannya:

1. Berfungsi untuk memproduksi sel darah merah

Folat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini sangat penting selama kehamilan karena Anda cenderung anemia (kekurangan zat besi). Tidak ada jumlah asam folat memastikan stabil sel darah merah dalam tubuh jika Anda mengambil suplemen lain untuk mengisi toko besi.

7 Manfaat Rajin Mengonsumsi Asam Folat untuk Ibu Hamil
7 Manfaat Rajin Mengonsumsi Asam Folat untuk Ibu Hamil

2. Pencegahan cacat tabung saraf pada janin

Asam folat membantu perkembangan saraf bayi saat masih dalam kandungan. Janin neural tube, yang kemudian berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang bayi, dilindungi oleh asam folat sehingga tidak ada cacat sebelum kelahiran selama pembentukan awal dari sistem saraf pusat. Kondisi di mana pengembangan sumsum tulang belakang yang tidak lengkap sebelum kelahiran disebut cacat tabung saraf atau spina bifida.

3. Mencegah bibir sumbing pada bayi

Sumbing bibir dan langit-langit adalah cacat bawaan di mana satu atau lebih celah terbentuk di bibir dan langit-langit atas.

4. Asam folat untuk mencegah cacat jantung bawaan pada bayi

suplemen asam folat untuk ibu hamil untuk mengurangi risiko cacat jantung bawaan. Menurut American Heart Association, cacat ini terjadi ketika jantung atau pembuluh darah pada bayi tidak berkembang secara normal sebelum kelahiran. Kondisi yang mempengaruhi dinding bagian dalam jantung, katup jantung, atau pembuluh darah dan denyut jantung.

5. Asam folat dapat mengurangi risiko kelahiran prematur

Jika Anda berkonsultasi dengan dokter ketika Anda merencanakan kehamilan, kemungkinan Anda akan disarankan untuk mengambil suplemen asam folat. Sebuah studi dari tim Radek Bukowski di University of Texas Medical Branch menunjukkan bahwa wanita yang mengambil asam folat setidaknya satu tahun sebelum kehamilan dapat mengurangi risiko kelahiran prematur sebesar 50%.

6. Asam folat untuk mencegah keguguran pada wanita hamil

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah kesulitan wanita hamil atau mempertahankan kehamilan yang sehat karena kekurangan asam folat. Konsumsi asam folat akan membantu mencegah keguguran, perkembangan bayi juga lambat dalam Rahim dan masalah berat badan lahir rendah.

7. Mencegah preeklampsia dan diabetes gestasional

Konsumsi asam folat setiap hari juga akan melindungi ibu hamil dari sejumlah komplikasi selama kehamilan. Misalnya, pre-eklampsia (tekanan darah tinggi selama kehamilan dan terjadi pada 5% kehamilan) dan diabetes gestasional (diabetes yang terjadi selama kehamilan). Preeklamsia dapat membuat bayi kekurangan oksigen, sementara bayi bisa berisiko kelebihan berat badan.