Manfaat Tidur dengan Mulut Diplester

Manfaat Tidur dengan Mulut Diplester

Media sosial sekarang sibuk dengan pembicaraan menutup mulut dengan plester saat tidur. Penyanyi andien dan sejumlah netizen itu sibuk mengungkap kebiasaan menempelkan mulut saat tidur.

Kebiasaan menutup mulut dengan plester saat tidur disebut memiliki banyak manfaat untuk kualitas tidur yang lebih baik dan mulut yang lebih sehat.

Manfaat Tidur dengan Mulut Diplester
Manfaat Tidur dengan Mulut Diplester

Plester untuk menutup mulut Anda sepanjang malam bukanlah plester atau perekat jenis lain, melainkan plester khusus untuk mulut yang tersedia luas. Plester mulut ini aman untuk bibir dan tidak menimbulkan rasa sakit seolah-olah disebabkan oleh lakban.

Plester mulut juga memiliki lubang kecil sehingga masih memungkinkan pernapasan melalui mulut jika hidung tersumbat di malam hari.

Menutup mulut dengan selotip bertujuan untuk memastikan pernapasan saat tidur dilakukan melalui hidung. Bernafas melalui mulut saat tidur dalam waktu lama tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah serius.

Dikutip dari Ask The Dentist, situs kesehatan mulut, bernapas melalui mulut saat tidur berarti udara bernapas melalui mulut saat tidur, udara dipaksa melewati jalan napas dengan volume yang lebih besar daripada bernapas dari hidung. Saat menghirup udara bervolume tinggi, perjalanan bernapas bisa berhenti kapan saja.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang bernafas melalui mulut memiliki banyak masalah kesehatan, seperti pertumbuhan dan perkembangan wajah yang tidak normal, gigi yang tidak teratur, kebiasaan tidur yang buruk, dan kesehatan mental yang buruk.

Orang dewasa yang bernafas melalui mulut saat tidur cenderung lebih sering mendengkur, mengalami gangguan tidur seperti sleep apnea, dan mengeluarkan air liur.

Pernafasan oral juga mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung, memperburuk asma, dan membuat organ-organ dalam tubuh seperti jantung, otak tidak mendapatkan oksigen yang optimal.

Karena itu, selama tidur Anda harus menghindari bernapas melalui mulut. Salah satu caranya adalah menutup mulut dengan selotip.

Berikut ini adalah manfaat tidur dengan mulut tertutup kaset.

1. Tingkatkan nitrogen oksida

Orang yang bernafas melalui mulut kehilangan nitrogen oksida yang diproduksi oleh tubuh pada sinus. Tubuh menghasilkan 25 persen nitrogen oksida melalui pernapasan hidung, sehingga pernapasan mulut akan mengurangi pasokan nitrogen oksida.

Nitrogen oksida bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, mengatur tekanan darah, merespons peradangan, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan daya tahan, dan membantu mengurangi berat badan.

2. Mengurangi risiko gesekan gigi

Gesekan gigi biasa terjadi ketika pernapasan dilakukan melalui mulut. Ini adalah bentuk refleks alami tubuh untuk memaksa udara masuk ke saluran udara. Kebiasaannya dapat menyebabkan banyak kerusakan pada gigi seperti pembusukan, penuaan dini, dan resesi gusi.

3. Mengurangi risiko mulut kering

Saat bernafas melalui mulut, mulut akan terbuka dan berpotensi mengalami kekeringan terutama jika Anda tidur di bawah paparan AC. Mulut kering adalah suatu kondisi yang berdampak negatif pada kesehatan mulut.

Mulut kering memicu gigi berlubang, menurunkan pH mulut ke zona asam, dan memungkinkan bakteri berkembang.

Leave a Reply